7 Cara Mencegah Naik Asam Lambung Ke Kerongkongan

7 Cara Mencegah Naik Asam Lambung Ke Kerongkongan

 

topikviral.com – Diantara kita pernah mengalami asam lambung kita naik ke krongkongan tapi pernah tau gak sih kalau asam lambung kita ini naik ketika isi perut kita naik menuju esofagus dan kerongkongan, kadang menyebabkan radang pada esofagus kita. Masalah ini terjadi ketika sfingter esofaus bagian bawah  (lower esophageal sphincter atau LES) pada jalan masuk perut terlalu mengendur. Perkiraan dokter bahwa 10-20% penduduk amerika mengalami kenaikan asam lambung, dan 65% orang dewasa mengalami heartburn pada saat yang sama, yaitu sensai terbakar didalam perut dan dada.

 

Heartburn adalah gejala paling umum dari kenaikan asam lambung. Gejala lainnya antara lain nyeri dada, muntah, suara serak, dan batuk. Asam lambung jangka panjang dapat menyebabkan cedera pada esofagus dan berkontribusi pada adenokarsinoma (salah satu bentuk kanker). Banyak faktor yang menyebabkan kemungkinan naiknya asam lambung, seperti obesitas, alkohol, merokok, dan konsumsi kafeina.

 

Kabar baiknya, ada 7 Cara Mencegah Naik Asam Lambung Ke Krongkongan berikut cara nya :

1. Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak sulit untuk di cerna tubuh artinya makanan tersebut lebih lama tertinggal di dalam perut. Bila makanan memperlambat sistem pencernaan, kemungkinan makanan tersebut akan kembali ke esofagus dan inilah yang disebut naiknya asam lambung.

2. Hindari Masakan Asam

Asam lambung dapat dibawa oleh makanan asam. Buah-buahan jeruk adalah beberapa dari makanan yang paling asam. Ini tidak berarti Anda harus menghilangkan makanan ini sepenuhnya dari diet, tetapi Anda haus memperhatikannya juga agar asam lambung tidak naik

 

3. Kurangi Asupan Cokelat.

Jika Anda khawatir dengan kenaikan asam lambung, mungkin Anda perlu mengurangi jumlah cokelat yang Anda makan. Cokelat mengandung bahan yang disebut methylxanthine, yang akan mengendurkan otot di esofagus.

 

4. Kurangi Bawang Merah, Bawang Bombai Dan Bawang Putih

Bawang putih dapat membuat Anda sakit perut dan kembung. Oleh karena itu, bawang dapat menyebabkan kenaikan asam lambung. Banyak orang yang sering mengalami naiknya asam lambung juga mendapati bahwa gejala mereka akan lebih buruk ketika mereka makan bawang mentah

 

5. Jauhi Makanan Pedas. 

Peneliti memperdebatkan apakah makanan pedas dapat benar-benar menyebabkan kenaikan asam lambung. Tetapi apa pun kondisinya, banyak orang menemukan bahwa makanan pedas dapat membuat mereka sakit perut.

 

6. Kurangi Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi penuh dengan gelembung. Jenis minuman ini mungkin terlihat menarik dalam kaleng atau botol, tetapi penting untuk diingat bahwa gelembung tersebut akan terus mendesis di dalam perut Anda.

 

7. Makanlah Porsi Yang Lebih Kecil. 

Bila Anda membatasi diri untuk hanya makan porsi yang lebih kecil, perut akan lebih mudah mencerna apa pun yang Anda masukkan. Perut yang tidak memiliki banyak tekanan yang harus dicerna dengan cepat kemungkinannya tidak akan mendorong makanan tersebut kembali ke esofagus

 

8. Makanlah Makanan Rendah Asam. 

Cara yang baik untuk mengurangi naiknya asam lambung adalah makan makanan kecil yang terbuat dari makanan rendah lemak. Asam yang Anda konsumsi akan menambahkan asam dalam perut.

mjptoto
Updated: January 31, 2019 — 5:21 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOPIK VIRAL © 2018