8 Cara Ampuh Untuk Menghemat Biaya Nikah Agar Nikah Tahun Depan

8 Cara Ampuh Untuk Menghemat Biaya Nikah Agar Nikah Tahun Depan

topikviral.com – Siapa yang bentar lagi mau nikah? hahaha di antara kita pasti sedang pusing pusing nya dengan umur dengan pasangan kita dengan lingkungan kita yang terus menanyakan kapan nikah? kapan resmi nya? jangan lama lama dong nanti jodoh nya keburu kabur nah itu sebuah pertanyaan pertanyaan yang sering kita dengarkan bukan namun ada satu hal yang orang gak tau kadang kita berfikir kalau nikah itu mahal dengan budget yang sampai ratusan juta

apalagi kita banyak tamu kita pasti harus berfikiran harus di gedung bagus dan makanan yang enak wah itu sangat menekan kita sekali bukan tapi yang paling seru ny ada pernikahan yang sederhana dengan budget se adanya namun ke sakralan untuk sebuah pernikahan tetap terjaga jadi kali ini saya mau kasih tau nih tips tips agar hemat biaya nikah kalian dan bisa di cicil dari sekarang juga loh

berikut 8 Cara Ampuh Untuk Menghemat Biaya Nikah Agar NIkah Tahun Depan

 

1. Undangan Online

 

Sadar nggak sih kalau undangan pernikahan cuma berakhir terbuang gitu aja? Kamu juga pasti melakukan hal yang sama terhadap undagan pernikahan teman atau keluarga. Satu atau dua bulan seusai acara, pasti undangan tersebut sudah berakhir entah di mana.

Daripada kamu membuang uang untuk hal yang sia-sia, lebih baik kamu beralih ke undangan online. Minta bantuan temanmu yang bisa mengoperasikan website atau kamu bisa menggunakan cara mengirimkan e-mail ke para tamu undanganmu. Namun, untuk bos dan juga keluarga yang dituakan, kamu sebaiknya tetap memberikan undangan cetak ke mereka.

 

2. Hemat dalam Pre Wedding

 

Nggak usah muluk-muluk dengan pre-wedding, biaya sewa gaun pernikahan untuk pre-wedding bisa ratusan hingga jutaan ribu. Foto pre-wedding kasual dengan tema camping atau kegiatan kasual di rumah juga lebih menceritakan kedekatan kalian lho.

 

3. Perketat tamu undangan

 

Pasalnya, undangan pesta pernikahan biasanya didominasi oleh rekan orang tua dan juga keluarga besar. Untuk menekan biaya pernikahan, cukup berikan pengertian kepada keluarga mengenai budget-mu dan saring tamu undanganmu sesuai dengan orang yang kamu temuin 2 tahun terakhir ini. Teman SD yang sudah lama nggak pernah komunikasi nggak perlu diundang!

 

4. Kerahkan Bridesmaid dan Groomsmen

 

Sejatinya, gunanya bridesmaid dan groomsmen bukan hanya mejeng di hari pernikahan dengan menggunakan kain seragam darimu, tapi juga membantu kamu dalam mempersiapkan pernikahan. Jadi, kerahkan mereka saat persiapan, mulai dari menyiapkan vendor, mengecek kesediaan suvenir dan berbagai hal lainnya.

 

5. Andalkan usaha teman

 

Kalau punya temen yang berprofesi sebagai fotografer, make up artist atau fashion designer, jangan ragu minta pertolongan mereka dan minta harga teman. Selain lebih terjamin karena kamu udah kenal langsung dengan orangnya, kamu juga dapat harga yang lebih bersahabat.

 

6. Souvenir DIY

 

Toko komersil di luar sana emang banyak menawarkan suvenir dengan harga murah. Tapi, apa sebenarnya berguna dan bagus? Biasanya sih desainnya mainstream banget dan nggak banyak digunain orang. Jadi mendingan kamu bikin suvenirmu sendiri, misalnya DIY clutch untuk uang receh atau make up. Cuma butuh kain polos dan tali serut, kamu tinggal jait sendiri deh! Lebih berkesan, maksimal dan pastinya lebih keren dibandingkan di toko komersil sana.

 

7. Pemilihan waktu sore hari

 

Konsumsi menjadi salah satu pengeluaran terbesar untuk biaya pernikahan. Makanya, biar hemat, usahain kamu mengadakan pesta pernikahan di sore hari: orang sudah selesai makan siang namun belum waktunya makan malam. Jadi, kamu hanya perlu sediakan camilan dan berbagai pilihan pasta atau crepes. Simple, kan?

 

8.Ganti bahan seragam dengan warna seragam

 

Apalagi buat kamu yang berada di tengah keluarga besar, bahan seragam untuk keluarga terlihat sangat memakan budget. Tapi, kamu bisa siasati dengan menyuruh mereka mengenakan satu warna senada, putih, biru, atau merah misalnya. Usahakan untuk memilih warna yang netral yang kemungkinan besar pasti dimiliki oleh setiap orang. Untuk menandakan pihak keluarga, kamu bisa memberikan pita bunga untuk pria dan memberikan flower crown untuk para wanitanya.

mjptoto
Updated: February 6, 2019 — 3:22 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOPIK VIRAL © 2018