10 Cara Ampuh Mengatasi Stress Dalam 5 Menit

10 Cara Ampuh Mengatasi Stress Dalam 5 Menit

topikviral.com – Setiap semua orang bisa dipastikan pernah mengalami stres baik itu dalam waktu sebenter ataupun lama. Banyak sekali faktor yang menjadi pemicu timbulnya gangguan mental tersebut, misalnya saja kebutuhan yang semakin banyak tanpa didukung dengan kemampuan finansial yang memadai, target kerja yang tidak tercapai dan sebagainya. Intinya, timbulnya stres dalam diri seseorang dikarenakan ketidakmampuan menghadapi beban atau tekanan hidup.

Sebagai salah satu gangguan psikologis, stres tidak bisa dianggap remeh. Jika tidak segera diatasi, maka akan berpotensi menimbulkan akibat yang semakin buruk, seperti depresi bahkan bisa saja berakhir bunuh diri. Tidak perlu khawatir, berikut terdapat cara ampuh yang bisa dilakukan ketika mengalami stres.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Topikviral punya solusinya!

 

1. Hirup Udara Segar

jalan Hirup Udara Segar

Ketika stres mulai melanda, segeralah menyadarinya dan beranjak menghirup udara segar. Bertahan pada situasi dan posisi yang monotn tidak akan bisa mengatasi stres, justru akan semakin memburuk kondisi. Contohnya saja, ketika sedang mumet dengan pekerjaan yang numpuk namun Anda tetap mengerjakannya secara terpaksa agar cepat selesai.

Padahal, hal tersebut hanya akan membuat hasil pekerjaan menjadi tidak baik. Untuk itu, pergilah keluar ruangan dan hirup udara segar walau sebentar. Sebab, udara segar dapat membantu menenangkan diri sehingga bisa kembali berpikir jernih.

 

2. Banyak Minum Air Putih

air putih Banyak Minum Air Putih

Banyak orang yang melampiaskan stresnya dengan meminum minuman yang mengandung alkohol seperti bir, anggur dan sebagainya. Mereka yang melakukan hal ini berpikir dengan minuman tersebut mampu menjadi ‘obat’ mujarab pengusir stres. Memang minuman tersebut bisa memberikan efek tenang, tapi hanyalah bersifat sementara. Ketika efek alkoholnya menghilang, maka stres akan kembali datang.

Saat kondisi tertekan, baiknya konsumsi banyak air putih justru lebih membantu mengurangi ketegangan. Tanpa disadari stres mengakibatkan cairan tubuh akan berkurang sehingga kondisi ini menimbulkan rasa letih pada tubuh. Oleh sebab itu, dengan meminum banyak air putih dapat mengatasi kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Di saat cairan tubuh pulih kembali, maka rasa letih yang dirasakan akan mulai memudar, dengan begitu stres bisa teratasi.

 

3. Meditasi

meditasi Meditasi

Beberapa pakar beranggapan bahwa meditasi merupakan salah satu cara yang ampuh mengatasi stres. Meditasi akan membantu seseorang memusatkan pikiran dan perasaan agar bisa berkonsentrasi dan relaksasi. Dengan begitu, pernapasan akan menjadi lebih teratur, detak jantung dan tekanan darah akan kembali normal.

Kondisi ini tentu dapat menurunkan hormon stres sehingga tubuh menjadi lebih tenang. Menurut hasil penelitian, meditasi selama 15 menit bisa memberikan efek yang sama pada kebugaran tubuh seperti olahraga selama 1 jam.

 

4. Berolahraga

olahraga pagi Olahraga

Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana bisa orang stres malah disuruh olahraga? Jangan salah, dengan olahraga tak hanya bisa menyehatkan tubuh saja tetapi juga menguatkan jiwa. Stres merupakan salah satu bentuk dari gangguan emosional jiwa. Maka olahraga bisa menjadi pilihan untuk mengatasinya.

Secara ilmiah dapat dijelaskan bahwa dengan berolahraga, tubuh akan meningkatkan produksi hormon endorphin yang mampu memberikan efek relaksasi pada pikiran. Selain itu, olahraga juga memobilisasi otot, mempercepat peredaran darah, dan membuka paru-paru untuk mengambil oksigen lebih banyak. Dengan demikian, kondisi tubuh menjadi stabil dan lebih sehat.

 

5. Hindari Makanan Berkarbohidrat Tinggi

karbohidrat Hindari Makanan Berkarbohidrat Tinggi

“Saat sedang stres, saya banyak makan.” Tak sedikit yang mengakui bahwa makan banyak merupakan cara menghilangkan stres. Sayangnya, konsumsi makanan terutama yang mengandung karbohidrat tinggi sangat tidak dianjurkan dalam kondisi apapun, termasuk saat sedang mengalami stres. Makanan berkarbohidrat tinggi memacu tingginya kadar insulin di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi cepat lelah dan bad mood yang bisa saja menambah stres.

 

6. Istirahat yang Cukup

istirahat Istirahat yang Cukup

Saat tubuh lelah akan sulit mengendalikan tekanan yang dialami tubuh, apalagi mengatasi stres. Oleh sebab itu, jangan paksakan tubuh menjalani aktivitas yang padat secara terus-menerus. Tubuh yang lelah karena kurang istirahat dapat menyebabkan konsentrasi menurun dan tidak fokus menghadapi berbagai masalah yang sedang dialami.

Istirahatkan tubuh dengan waktu tidur yang cukup, yaitu selama 7-8 jam sehari. Dengan aktivitas tidur atau istirahat yang cukup mampu meremajakan tubuh yang lelah sehingga ketika bangun tubuh dan pikiran akan terasa lebih segar kembali dan siap menjalani aktivitas di kemudian hari.

 

7. Segera Beristirahat dengan Tidur Nyenyakberistirahat

 

Stress terlihat seperti sebuah problem besar yang sangat ditakuti orang. Padahal, cara mengatasi stress tidak rumit. Salah satunya dengan istirahat yang cukup, terutama tidur dengan nyenyak.

Sebuah riset yang dilakukan Robert Wood Johnson Foundation dan Harvard School of Public Health pada 2014 menemukan bahwa ada kaitan antara kekurangan tidur dengan stress. Riset tersebut menyatakan bahwa sekitar 70 persen responden yang stress mengaku kesulitan untuk tidur.

Padahal, kekurangan tidur dengan stress mirip dengan analogi ayam dan telur. Tidur yang buruk bisa memicu stress. Sebaliknya stress juga membuat orang susah tidur.

Namun, agar stress tidak berkelanjutan, cobalah untuk tidur. Ini adalah cara mengatasi stress yang ampuh. Setidaknya memejamkan mata sambil menenangkan diri selama kurang lebih lima menit. Kalau sulit melakukannya, Everydayhealth menyarankan agar mengurangi kafein beberapa saat sebelum tidur. Lalu, persiapkan tempat tidur dengan baik. Buatlah ruangan senyaman mungkin. Bisa dengan membersihkannya terlebih dulu atau mematikan lampu agar kamar menjadi temaram. Inilah salah satu cara mengatasi stress yang mudah sekaligus efektif, silakan saja mencobanya.

 

8. Buat Tubuh Bergerak

buat tubuh bergerak

 

Inilah cara mengatasi stress yang menjanjikan “bonus” lain. Anda disarankan untuk menggerakkan tubuh jika tengah merasakan tekanan hidup. Anda bisa sekadar berjalan-jalan atau menari. Bisa juga melakukan olahraga kegemaran atau segera menuju gym favorit untuk exercise.

Tidak perlu lama, dalam lima menit pun efeknya sudah terasa. Stress bisa dikurangi. Pasalnya, bergerak terutama dengan melakukan olahraga akan membuat tubuh melepaskan hormon endhorphins. Ini adalah hormon yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Bukan hanya itu, bergerak menjanjikan “bonus” berupa kesehatan. Dengan gerak tubuh yang aktif, aliran darah akan menjadi lancar. Ini akan berpengaruh besar terhadap kebugaran tubuh.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera gerakkan tubuh dengan cara apa pun supaya stress Anda hilang. Mudah sekali bukan?

 

9. Santap Makanan Penghilang Stress

santap makanan penghilang stress

 

Mungkin inilah cara mengatasi stress paling menyenangkan. Ketika merasa terbebani, segera saja santap beberapa makanan yang dipercaya punya kemampuan untuk menghilangkan stress.

Ada beberapa jenis santapan yang bisa menjadi pilihan. Anda dapat memakan cokelat hitam. Makanan ini dapat menurunkan hormon pemicu stress sekaligus menghadirkan rasa senang. Selain itu, cokelat hitam mampu membuat tekanan darah dan kolesterol menurun.

Anda bisa juga menyantap berbagai hidangan dari bahan-bahan yang kaya Omega-3. Beberapa jenis ikan dapat menjadi pilihan seperti tuna, salmon, atau sarden. Buah seperti alpukat bisa dijadikan opsi lain. Pasalnya, semuanya memiliki kandungan yang dapat menurunkan stress, rasa takut, dan depresi.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan menyantap makanan penghilang stress yang juga memiliki dampak positif lain. Kesehatan Anda ikut terjaga karena memakan hidangan sehat. Salah satunya ialah mengonsumsi berbagai macam buah seperti stroberi, jeruk, dan anggur yang kaya Vitamin C. Sama seperti bahan makanan penghilang stress lain, buah-buahan dapat membantu menghadirkan rasa lega di dalam pikiran.

 

10. Matikan Hubungan Dengan Dunia Luar

matikan hubungan

 

Kalau stress Anda sudah tidak tertahankan lagi, disarankan untuk mencoba mematikan koneksi dengan dunia luar untuk sejenak. Ini merupakan salah satu cara mengatasi stress yang efektif.

Terkadang beragam faktor eksternal memicu kehadiran stress. Maka, ada baiknya memutuskan hubungan dengan pihak lain untuk sementara waktu. Anda bisa mematikan telepon sementara waktu. Disarankan juga untuk tidak mengakses internet atau menggunakan media sosial.

mjptoto
Updated: February 11, 2019 — 3:40 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOPIK VIRAL © 2018