5 Manfaat Petai Untuk Kesehatan Anda Yang Belom Anda Tau Dari Si Biji Hijau Bau Ini

5 Manfaat Petai Untuk Kesehatan Anda Yang Belom Anda Tau Dari Si Biji Hijau Bau Ini

TOPIKVIRAL.COM – Petai di Indonesia banyak penggemarnya, terbukti dari beragam resep masakan dan restoran yang menyajikan petai. Namun baunya yang ‘khas’ juga membuat petai dijauhi oleh beberapa orang.

Terkait hal tersebut tahukan kamu kalau petai yang masih termasuk keluarga polong-polongan ini bisa memiliki beragam manfaat kesehatan. Suka atau benci, tidak ada salahnya tahu apa saja manfaat petai.

Dikutip TOPIKVIRAL.COM dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat petai:

 

1. Perbaiki mood

Dikutip dari HB times, petai bisa menekan risiko terjadinya seasonal affective disorder (SAD). SAD adalah gejolak mood atau suasana hati akibat perubahan musim, yang bisa menyebabkan pengidapnya mengalami depresi.

Manfaat petai didukung riset yang dijalankan MIND terhadap pengidap depresi. Responden merasa gejolak emosinya membaik usai mengonsumsi petai. Asupan ini mengandung triptofan yang diubah tubuh menjadi serotonin. Asam amino ini menyebabkan tubuh mudah rileks, lebih nyaman, dan memperbaiki mood.

2. Tangkal radikal bebas

Dalam studi di jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine 2013 petai disebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Ini artinya konsumsi petai dapat membantu seseorang mencegah dampak negatif dari radikal bebas.

Radikal bebas sendiri merupakan zat berbahaya yang sangat reaktif dan bersifat merusak jaringan dan organ tubuh manusia. Kerusakan ini menimbulkan berbagai penyakit di masa usia senja.

3. Antimikroba

Studi dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine 2013 juga menemukan kalau biji petai dapat menunjukkan sifat antimikroba ketika ekstraknya dicampur dengan metanol, petroleum eter, dan kloroform.

“Ekstrak petai dalam petroleum eter, kloroform, dan metanol menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap Helicobacter pylori. Tetapi tidak ditemukan dalam ekstrak petai dengan air,” tulis peneliti.

4. Tinggi kalsium

Menurut analisa peneliti dari Universiti Kebangsaan Malaysia dalam 100 gram biji petai terdapat sekitar 108-265 miligram kalsium. Ini artinya petai bisa jadi salah satu sumber kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi.

Sebagai perbandingan angka kebutuhan kalsium kita per hari sekitar 1.000 mg.

5. Tinggi potasium

Satu lagi nutrisi yang tinggi pada petai adalah potasium. Peneliti dari Universiti Kebangsaan Malaysia menemukan kalau 100 gram biji petai bisa mengandung sekitar 341 miligram (mg) potasium.

Potasium sendiri adalah zat yang diketahui penting untuk menjaga kesehatan jantung.

mjptoto
Updated: February 28, 2019 — 6:18 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOPIK VIRAL © 2018