Aplikasi Meditasi di Smartphone untuk Mencegah Depresi

Aplikasi Meditasi di Smartphone untuk Mencegah Depresi

topikviral.com – Meditasi telah lama dipandang sebagai penangkal kecemasan dan depresi. Meditasi bahkan sudah menjadi medium penyembuhan bagi banyak budaya dan agama selama ribuan tahun, terutama kerap digunakan sebagai cara untuk mendamaikan pikiran.

Penelitian menunjukkan, meditasi berhubungan positif dengan kepuasan hidup dan kemampuan untuk memproses emosi positif. Sebuah studi pada 2017 oleh Universitas Cambridge menemukan pelatihan mindfulness membantu meningkatkan kesehatan mental.

Sementara terapi kognitif berbasis mindfulness direkomendasikan Institut Nasional untuk Keunggulan Kesehatan dan Perawatan (Nice) untuk pencegahan depresi berulang.

Akan tetapi bagaimana proses meditasi berhubungan dengan teknologi saat ini? Dilansir The Guardian, para ilmuwan teknologi telah menciptakan beberapa aplikasi smartphone untuk menunjang meditasi.

  • Headspace (Android/iOS)

Salah satu aplikasi meditasi yang paling populer dan terkenal, Headspace, yaitu menawarkan pengenalan yang sederhana dan mudah untuk latihan meditasi.

Aplikasi ini akan memperkenalkan dasar-dasar meditasi. Hal itu menjadikan titik awal yang berguna bagi mereka yang belum pernah mencoba meditasi sebelumnya atau ragu untuk mencobanya.

Aplikasi ini memudahkan untuk melacak kemajuan Anda dan juga menampilkan berbagai kartun dan animasi yang menyenangkan. Headspace menawarkan 10 sesi gratis untuk mengajarkan dasar-dasar meditasi, dengan opsi untuk memilih meditasi terpandu tiga, lima atau 10 menit.

 

  • Calm (Android/iOS)

Pilihan aplikasi lain yang terkenal dan populer adalah Calm. Aplikasi ini adalah aplikasi meditasi untuk dicoba jika suka relaksasi dengan dosis deburan ombak atau suara hutan yang menenangkan.

Kisah-kisah dan meditasinya di waktu malam datang sangat direkomendasikan dan hampir membawa kita ke ketenangan seperti spa.

Aplikasi ini akan menyediakan serangkaian rencana yang dipandu seperti “21 hari ketenangan” yang memiliki panduan langkah demi langkah tentang cara memadukan perhatian ke dalam kehidupan sehari-hari kita.

  • Simple Habit (Android/iOS)

Simple Habit memiliki slogan sebagai “aplikasi meditasi terbaik untuk orang-orang yang sibuk”. Pendirinya Yunha Kim, mantan bankir investasi, menjelaskan bahwa aplikasi ini memiliki serangkaian opsi “saat bepergian” untuk momen-momen tertentu, mulai dari istirahat di kantor hingga perjalanan pulang-pergi atau sebelum “acara besar”.

Dirancang untuk menyederhanakan meditasi saat di tempat kerja, meditasi dalam aplikasi ini bisa dilakukan sesingkat mungkin, yaitu lima menit. Ada lebih dari 50 sesi gratis di aplikasi ini.

  • Timer Insight (Android/iOS)

Dengan lebih dari 12.000 meditasi, Insight Timer mengklaim memiliki opsi meditasi gratis terbesar. Pilihan topik-topik seperti stres, kegelisahan, fokus, dan rasa terima kasih berada dalam aplikasi ini.

Setelah memilih salah satu, peserta akan dibimbing guru meditasi. Selain itu, Anda dapat menyaring hasil berdasarkan waktu dan bahkan mencari suara khusus pria atau wanita.

  • Smiling Mind (Android/iOS)

Smiling Mind bertujuan untuk menjangkau 5 juta orang muda pada tahun 2021. Selain menawarkan meditasi yang dirancang untuk anak-anak dan orang tua yang tertarik untuk menjadikan anak-anak mereka bermeditasi, aplikasi ini juga memiliki berbagai sesi untuk orang dewasa yang ingin bermeditasi.

Orang tua dapat bermeditasi baik di rumah sehari-hari, di tempat kerja atau bahkan selama latihan kebugaran.

mjptoto
Updated: March 9, 2019 — 5:43 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOPIK VIRAL © 2018