Pola Tidur Bisa Tunjukkan Kepribadian, Anda yang Mana?

Pola Tidur Bisa Tunjukkan Kepribadian, Anda yang Mana?

 

topikviral.com – Setiap orang memiliki pola tidur yang berbeda-beda. Sebagian kesulitan tidur di malam hari. Sementara sebagian lainnya mudah terlelap di malam hari. Dan ternyata, pola tidur dipengaruhi oleh kepribadian masing-masing individu.

Para Peneliti dari The Siberian Branch of the Russian Academy of Sciences meneliti 130 partisipan sehat di lab tidur. Sejumlah 54 diantaranya merupakan laki-laki. Partisipan tidak boleh tertidur selama 24 jam tanpa mengkonsumsi kopi atau alkohol.

Dalam waktu 24 jam, partisipan mengisi kuosiner tentang rasa mengantuk yang mereka miliki. Partisipan juga ditanya mengenai pola tidur, seberapa sadar, dan seberapa aktif mereka pada minggu sebelumnya.

Setelah itu, para peneliti menganalisis tingkat energi serta laporan keaktifan partisipan pada minggu sebelumnnya. Melansir dari YourTango, berikut 4 kelompok kepribadian berdasarkan identifikasi para peneliti:

 

1. Burung Lark

Orang pada kelompok ini disebut ‘morning people‘ karena memiliki tingkat energi yang tinggi pada pagi hari dibandingkan malam hari. Orang dalam kelompok ini biasanya selalu bangun pagi dan tidur tidak terlalu malam. Orang di atas umur 60 tahun biasanya masuk ke kelompok ini. Biasanya mereka juga suka sekali berbicara.

 

2. Burung Hantu

‘Night owls’ atau ‘evening people’ merupakan sebutan bagi orang dalam kelompok ini. Mereka biasanya produktif pada siang hari, sore hari dan paling produktif pada pukul 18.00 malam. Kelompok ini biasanya sulit bangun pagi dan tidak akan keluar hingga hari gelap.

Mahasiswa biasanya masuk ke dalam kelompok ini. Mereka juga biasanya sering mengkonsumsi kafein. Selain itu, kelompok ini tidur 2 jam lebih lambat dibandingkan kelompok Larks.

 

3. Burung Hummingbird

Tidak ada sebutan khusus untuk orang dalam kelompok ini. Namun, orang dalam kelompok ini biasanya selalu memiliki energi yang baik dan merasa cukup dengan waktu tidur 7,5 jam. Anda mungkin akan berpikir bahwa orang dalam kelompok ini terlalu cepat dalam menyelesaikan pekerjaan tetapi itulah mereka.

 

4. Burung American Woodcock

Orang dalam kelompok ini juga tidak memiliki sebutan khusus. Namun, orang dalam kelompok ini selalu merasa mengantuk di pagi maupun sore hari. Sebanyak apapun kopi yang dikonsumsi, orang dalam kelompok ini tidak bisa secepat kelompok Hummingbird saat bekerja.

Kelompok burung Hummingbird dan American Woodcock tidak memnunjukkan perbedaan waktu tidur dan bangun tidur. Waktu tidur dua kelompok ini biasanya di antara kelompok burung Lark dan Burung Hantu.

mjptoto
Updated: May 11, 2019 — 6:11 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOPIK VIRAL © 2018