Celah Keamanan Baru Ditemukan di macOS, Awas Malware Bisa Masuk

Celah Keamanan Baru Ditemukan di macOS, Awas Malware Bisa Masuk

topikviral.com – Isu celah keamanan masih menghantui para pengguna komputer Mac. Setelah beberapa waktu yang lalu muncul isu ZombieLoad yang bisa digunakan oleh peretas untuk membobol informasi dari chip prosesor Intel di Mac dan MacBook, kini muncul lagi isu celah keamanan di macOS.

Celah ini memungkinkan serangan malware tanpa sepengetahuan pengguna Mac dan MacBook. Malware ini bisa bekerja dengan membuat sistem keamanan macOS bisa menganggap jaringan aman digunakan sehingga macOS tak butuh izin dari pengguna.

Sistem keamanan macOS yang disebut Gatekeeper biasanya akan melakukan cek ulang setiap file dan aplikasi yang dibuka di macOS, apakah sudah memiliki hak atau akses dan izin dari Apple atau belum. Tetapi celah ini membuat macOS tidak membutuhkan izin Gatekeeper.

Celah keamanan ini sebenarnya sudah ditemukan oleh seseorang yang bernama Filippo Cavallarin sejak 22 Februari 2019 yang lalu. Apple tentu saja sudah harus menutup celah ini pada 15 Mei 2019 alias 90 hari sejak bug ini pertama kali ditemukan.

Kita tunggu saja sampai Apple resmi merilis perbaikan untuk masaalh ini.

mjptoto
Updated: May 28, 2019 — 7:14 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOPIK VIRAL © 2018