4 Makanan Khas Indonesia yang Paling Diburu di luar Negeri

4 Makanan Khas Indonesia yang Paling Diburu di luar Negeri

 

topikviral.com Kuliner Indonesia memang terkenal dengan keasliannya dan bagaimana mereka menunjukkan identitas bangsa. Tak heran kalau masyarakat internasional juga menyukai kuliner Indonesia. Tak terkecuali penduduk dari berbagai belahan dunia. Seperti rendang, makanan asal Sumatera Barat. Rendang ini juga tersohor hingga seluruh penjuru dunia. Rendang berada di posisi pertama dalam jajaran 50 makanan dunia terenak versi CNN yang diadakan di Jerman beberapa waktu lalu. Rasanya yang khas dan keempukan dagingnya menjadi faktor penentu utama.

Hal ini pun diakui oleh Ayu Mulyadi, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) menjelaskan kuliner Indonesia banyak digemari di luar negeri.

“Ternyata di luar negeri banyak yang gemari masakan Indonesia, terbukti APJI sudah go internasional dan terakhir ke Spanyol pameran food internasional. Pengunjung yang datang merasa terpikat dengan penyajian berbagai menu kuliner Indonesia,” kata Ayu.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan masakan nusantara hingga ke taraf internasional namun masih belum berani.

“Bangsa ini tidak berani untuk melalangbuana, pertama karena biaya banyak ya. Kaya di Thailand mereka dibiayai oleh pemerintah, makanya mereka berani, begitu mereka sudah mandiri baru pemerintah lepas. Mungkin gaya ini bisa diterapkan di kita,” nelasnya.

Berikut ini kuliner dan makanan khas Indonesia yang paling digemari orang luar negeri berdasarkan hasil survey APJI saat mengadakan exhibition di luar negeri:

Sate Ayam

Makanan ini terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan lidi, kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu untuk selanjutnya bisa disajikan dengan saus kacang atau bumbu kecap.

 

Nasi Goreng

Sajian nasi yang digoreng ini menghasilkan cita rasa berbeda karena dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica, dan kecap manis. Sajian nasi ini bisa ditambah bahan pelengkap diantaranya telur, daging, makanan laut hingga sayur-sayuran.

 

Nasi Kuning

Nasi kuning merupakan hidangan nasi berwarna kuning dari kunyit untuk memberikan warna kuning alami. Disajikan bersama ayam, telur dadar yang diiris, perkedel hingga tempe kering kecap.

 

Soto

Soto merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas dari daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda.

mjptoto
Updated: July 8, 2019 — 6:25 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOPIK VIRAL © 2018