Bisakah Kita menjadi Buta Jika Terlalu Lama di Depan Layar Komputer?

Bisakah Kita menjadi Buta Jika Terlalu Lama di Depan Layar Komputer?

 

 

topikviral.com – Lamanya waktu yang kita habiskan di depan layar baik komputer atau smartphone setiap harinya telah menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Mulai dari meningkatnya peluang obesitas hingga gangguan penelitian merupakan hal yang terjadi karena terlalu lama di depan layar.

Karena berhubungan dengan pengelihatan, masalah mata merupakan salah satu hal yang paling rentan terjadi dari kebiasaan terlalu lama di depan layar ini. Pada beberapa orang, kondisi pengelihatan mereka dilaporkan menurun dan membuat mereka harus menemui dokter.

Terkait masalah yang dapat muncul ini, benarkah jika kita terlalu lama di depan komputer maka mata bakal mengalami kebutaan?

Faktanya, pada saat memandang layar komputer, terdapat sejumlah cahaya ultraviolet yang masuk ke dalam mata. Dilansir dari Medical Daily, hal ini sesungguhnya tidak berbahaya dan tak bakal membuat kamu menjadi buta.

Walau tak dapat menyebabkan kebutaan, bukan berarti bahwa hal ini sepenuhnya aman. Masih ada faktor risiko lain yang bisa muncul ketika kamu berada terlalu lama di depan layar komputer.

 

Kelelahan pada Mata

Masalah yang dapat muncul dari hal ini adalah kelelahan pada mata yang terjadi karena layar komputer. Gejala dari masalah yang dikenal sebagai sindrom pengelihatan komputer ini cukup umum kamu temui berupa mata kering, sakit kepala, pandangan memburam, serta mata berair dan lelah.

Untungnya sejumlah masalah yang mungkin muncul tersebut bersifat sementara dan cepat hilang. Ketika kamu mengalami sakit kepala, sedikit obat serta tidur siang bisa menyembuhkannya. Selain itu, kamu juga bisa bersantai dulu dan tidak bekerja di depan komputer untuk menghilangkannya.

 

Munculnya Mata Kering

Ketika masalah ini sudah cukup parah menimpamu, rasa sakit kepala ini dapat muncul setelah kamu menggunakan komputer selama dua jam. Tentu saja hal ini bisa sangat mengganggu terutama jika kamu biasa kerja seharian di depan komputer.

Berdasar sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Iowa, munculnya masalah kesehatan ini disebabkan oleh menurunnya jumlah mata berkedip ketika berada di depan komputer. Hal ini menyebabkan mata menjadi kering karena berkedip membasahi dan membersihkan mata.

Dampak dari mata yang kering ini adalah kita menjadi rentan melakukan kesalahan. Huruf yang kita lihat bisa jadi tidak tampak jelas dan berubah sehingga pekerjaan bakal menjadi lebih berat dan mata semakin cepat lelah.

 

Cara Jitu Mengatasi Masalah Mata

Untuk mengatasi masalah ini, sedikit istirahat ketika bekerja bisa menjadi jalan keluar. Lakukan teknik 20-20-20 untuk membuat kesehatan mata tetap terjaga.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan beristirahat selama 15 menit setiap 2 jam kerja. Seluruh cara ini bisa membuat pengelihatan kamu tetap terjaga dan tidak mengalami masalah lebih lanjut.

mjptoto
Updated: August 8, 2019 — 6:22 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TOPIK VIRAL © 2018