Selain Berjemur, Pijat Akupresur Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh saat #DiRumahAja Lho

topikviral.com, Kalau mengamati timeline media sosial, berjemur lagi jadi salah satu aktivitas yang viral. Mulai dari masyarakat biasa sampai selebriti rutin update postingan tentang berjemur. Yup, kebiasaan ini memang mulai muncul sejak COVID-19 mulai menyebar secara luas di Indonesia. Banyak pendapat yang menganggap kalau sinar matahari bisa meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Menariknya, pendapat tersebut nggak hanya sebatas hoax. Secara ilmiah, sinar matahari pagi menghasilkan UV alias ultraviolet, yang jika menyentuh permukaan kuit dapat diubah tubuh menjadi vitamin D. Zat inilah yang kemudian berfungsi menjalankan fungsi metabolisme kalsium untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang, mentransmisi kerja otot dengan saraf, serta menjaga imunitas atau daya tahan tubuh. Wah, kabar baik nih buat yang sudah berjemur secara rutin!

Eits, tapi ada syarat supaya rutinitas berjemur di pagi hari ini jadi lebih efektif. Menurut Badan Kesehatan Dunia atau WHO, berjemur yang tepat dilakukan selama 15 menit sebelum jam 10 pagi. Aktivitas ini bisa dilakukan 2-3 kali seminggu. Hindari berjemur di rentang waktu jam 10 pagi sampai 4 sore, karena sinar UV matahari sangat terik berisiko menyebabkan kerusakan kulit hingga kanker kulit.

Maksimalkan dengan Pijat Akupresur

Berjemur saja nggak cukup, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal. Mulai dari konsumsi makanan bergizi, vitamin, hingga pijat akupresur. Terapi akupresur ini sendiri sudah menjadi salah satu metode pengobatan efektif buat menjaga daya tahan tubuh tetap sehat di dataran China sejak 5.000 tahun yang lalu.

Titik Pijat Akupresur untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Ada perbedaan mendasar antara pijat akupressur dengan pijat tradisional biasa. For your information, pijat akupresur hanya memijat pada titik tertentu yang dibutuhkan. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ada 10 titik pijat yang perlu diperhatikan:

– Titik 1 dan 2: terletak pada tulang hulu dada di bawah tulang rusuk pertama kanan dan kiri.

– Titik 3: terletak di ujung tulang dada tengah

– Titik 4: terletak di lipatan siku luar

– Titik 5 dan 6: terletak di samping atas tulang kering luar, atau sekitar 4 jari dari lutut

– Titik 7 dan 8: terletak di samping sendi jempol kaki kanan dan kiri.

– Titik 9: terletak di belakang mata kaki bagian dalam

– Titik 10: terletak sekitar 3 jari di atas mata kaki

Supaya pijat lebih praktis dan maksimal, pakai saja Plossa Press & Soothe Aromatics. Nggak hanya cocok buat kerokan kekinian saat masuk angin, ujungnya yang tumpul juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pijat akupresur yang meningkatkan daya tahan tubuh.

Ternyata, ada banyak cara yang bisa dilakukan buat meningkatkan daya tahan tubuh, kan. Jangan lupa untuk tetap berada #DiRumahAja dan perhatikan kebersihan diri untuk mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

Updated: May 2, 2020 — 4:01 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *